Rabu, 10 Mei 2023

Satori Pedia : Obi

 Minasan, Konnichiwa!


Kembali lagi bersama admin di postingan Satori Pedia. Apakah minasan sudah pernah mendengar tentang Obi? jika belum, disini admin akan menjelaskan tentang Obi yaitu ikat pinggang untuk kimono dan yukata nih, di baca sampai akhir ya.

Dalam penggunaan Kimono dan Yukata digunakan juga ikat pinggang yang disebut dengan obi. Obi merupakan sebuah kain bermotif dengan bentuk memanjang yang memiliki panjang tiga hingga empat meter. Umumnya terbuat dari bahan katun, kasa, sampai dari bahan sutera yang lebih terasa halus dan berkesan mewah.

Obi memiliki banyak fungsi. Tak hanya menjadi pelengkap yukata dan kimono untuk mempercantik penampilan saja, obi juga dapat menjaga tingkat kerapian busana yang digunakan. Contoh lainnya yaitu sebagai penguat pakaian para samurai pada saat bertarung dan berbagai fungsi lainnya.


Obi pun memiliki berbagai jenis. Berdasarkan karakteristiknya untuk obi perempuan yang sering digunakan terdapat varian, yaitu: 
1. Fukuro 
Obi jenis ini biasanya digunakan untuk acara yang bersifat formal seperti upacara kedewasaan dan acara pernikahan, sehingga obinya terbuat dari bahan kain yang berkualitas dan memiliki motif yang mewah. Obi ini memiliki bentuk yang lebih lapang dengan ukuran lebar 31 cm dan panjang 4-4.5 meter. Dikarena kan memiliki ukuran yang besar, biasanya diperlukan bantuan seseorang yang ahli untuk menggunakan obi ini.

2. Hanhaba
Obi Hanhaba memiliki bahan yang lebih tipis dari pada obi yang lainnya. Obi ini memiliki tiga jenis bahan yang biasanya terbuat dari kain biasa dan kain katun.

3. Nagoya 
Obi Nagoya biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari sehingga motif dan bahan kain yang digunakan terlihat biasanya. Umumnya obi ini memiliki jahitan khusus yang membuatnya lebih praktis dan mudah dipakai.


Untuk obi laki-laki yang biasanya digunakan, terdapat dua jenis, yaitu : 
1. Kaku
Obi Kaku biasanya digunakan oleh para samurai agar tetap terlihat rapi saat berperang, oleh karena itu obi ini lebih keras dari pada obi wanita karena terbuat dari bahan katun yang lebih keras atau dapat dicampur dengan bahan polyester tergantung keinginan pemilik. 

2. Heko
Berbeda dari jenis Kaku, jenis heko merupakan obi yang lebih lembut dan nyaman yang dapat digunakan untuk bersantai. 

Obi memiliki berbagai corak berdasarkan gender pemakai dan juga musim. Contohnya seperti pada saat musim panas digunakan obi bercorak hydrangea, air, dan kembang api. Di musim semi obi memiliki pola awan musim semi, bernuansa pink, bermotif peony atau bermotif tsuyu.

Terimakasih kepada teman-teman yang sudah membaca blog kami. Semoga blog ini dapat memberikan manfaat dan sampai juga di postingan berikutnya ya!

Sumber : https://we-xpats.com/id/guide/as/jp/detail/8038/, Sakura.co, Fun-Japan.jp, Devian.art
Penyunting : Karolina dan Rahma Nadia

Jangan lupa ikuti kami di👇
Facebook : Click Here
Youtube : Click Here
Instagram : Click Here
Website : Click Here
Email : Click Here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar