Kamis, 11 Mei 2023

Satori Pedia : Cosplay

Minasan, Konnichiwa!


Cosplay merupakan singkatan dari “Costume Play” yang dimana seseorang menggunakan kostum dan aksesoris untuk memperagakan karakter yang ingin ia peragakan ke dunia nyata. Cosplay bisa dikatakan ke seseorang ketika orang tersebut berdandan menjadi suatu karakter dari video game, anime, dan film.

Terjadi perkembangan yang signifikan terhadap penggemar cosplay dari tahun 1990 sampai sekarang. Kejadian ini telah memberi efek terhadap akulturasi budaya di Asia, terutama Jepang dan Cina, beberapa wilayah dan daerah-daerah belahan barat seperti Eropa dan Amerika. Acara cosplay menjadi umum ketika adanya konvensi karakter terutama konvensi yang berdasarkan budaya Jepang. Disana terdapat juga kompetisi, yang didasarkan pada peragaan cosplay, maupun secara internasional maupun nasional.

Cosplay di Jepang awalnya berasal dari gaya para tokoh-tokoh komik yang sulit diperagakan di dunia nyata. Namun anak- anak muda Jepang berinisiatif untuk mencoba gaya-gaya di komik tersebut. Dari sanalah gaya anak muda Jepang berkembang dan mulai berbeda-beda sesuai keinginan masing-masing individu. Anak-anak muda yang menganut gaya ini dapat dijumpai di daerah Shibuya dan Harajuku.

Berperan kostum atau cosplay telah menjadi sebuah aktivitas sejak tahun 1970 dan menjadi lebih populer dengan hasil laporan dari Takahashi. Cosplay perlahan menjadi populer dan mendapatkan perhatian sorotan media TV dan majalah pada tahun 1990.

Indonesia juga tidak luput dari cosplay. Cosplay di Indonesia dimulai pada awal tahun 2004. mula-mula di Jakarta, lalu menyebar ke berbagai kota besar di Indonesia. Costume player di Jepang awalnya berasal dari gaya para tokoh-tokoh komik yang kelihatan susah ditiru. Namun anak-anak muda Jepang berinisiatif untuk mencoba gaya-gaya di komik tersebut. Menciptakan kultur baru yang menyebar ke seluruh penjuru dunia terutama Indonesia.

Terimakasih kepada teman-teman yang sudah membaca blog kami. Semoga blog ini dapat memberikan manfaat dan sampai juga di postingan berikutnya ya!

Sumber : http://journal2.um.ac.id/index.php/jpds/article/view/31206, https://www.fibre2fashion.com/industry-article/8840/all-you-need-to-know-about-cosplay-its-history-and-relevance, http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/9, Pexels, Pinterest, dramione-anime.dinas.eu.org.
Penyunting : Karolina dan Raja Ralelanang

Jangan lupa ikuti kami di👇
Facebook : Click Here
Youtube : Click Here
Instagram : Click Here
Website : Click Here
Email : Click Here


Tidak ada komentar:

Posting Komentar