Minggu, 10 Maret 2024

Satori Pedia: Rahasia Awet Muda Penduduk Jepang


Image: KBG84

Konnichiwa Minna san! Bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan dapat menjalankan aktivitas seperti biasa ya!

Minna san tau gak nih? Rata-rata angka harapan hidup penduduk Jepang adalah 83,89 tahun, bahkan banyak pula yang berhasil mencapai angka 100 tahun lho! Adapun centenarian (Orang yang berumur lebih dari 100 tahun) terbanyak di Jepang tinggal di Pulau Okinawa, pulau yang sering dijuluki sebagai pulau umur panjang.


Tentu saja, hidup sehat dan umur panjang tidak diperoleh tanpa upaya. Ada beberapa rahasia di balik umur panjang penduduk Jepang.

Image: Kane Tanaka, Salah satu orang tertua di Jepang

Berikut ini rahasia umur panjang yang dilakukan orang Jepang yang dibagikan oleh ahli geriatri Universitas Hawaii dan Direktur Pusat Penelitian Penuaan Penuaan Kuakini, Bradley Willcox, dikutip dari World Economic Forum.


1. Bersikap positif

Semua centenarian memiliki sikap positif. Mereka umumnya optimistis, dan memiliki pendekatan hidup yang riang dan suka bersenang-senang.


Penduduk Okinawa juga memiliki sesuatu yang disebut 'ikigai', yang dalam bahasa Jepang berarti tujuan hidup. Setiap orang memiliki ikigai masing-masing yang membuat mereka bersemangat untuk bangun di pagi hari.


2. Tak pernah pensiun

Tidak ada kata pensiun dalam bahasa Okinawa. Karena tak mengenal istilah pensiun, penduduk di pulau ini selalu mengerjakan apa yang selalu mereka lakukan. Jika mereka petani, mereka akan terus pergi ke ladang sampai tak bisa lagi bergerak.


Image: CNBC Indonesia

3. Bergabung dengan kelompok sosial 'moai'

Mereka mengadakan pertemuan sosial dalam kelompok yang disebut 'moai'. Para wanita mengobrol tentang hal-hal ringan, mereka minum teh hijau, dan menikmati hidangan penutup. Pada umumnya, mereka suka berkumpul.


4. Jarang stress

Konsep umumnya adalah melindungi Anda dari efek buruk penyakit dan mungkin tekanan lain pada tubuh. Orang Okinawa memiliki persentase yang lebih tinggi dari gen ini.


5. Menjalankan spiritualitas

Penduduk Okinawa mempertahankan hubungan ini dari generasi ke generasi. Mereka memiliki agama asli mereka sendiri dan percaya bahwa ada energi spiritual dalam segala hal.


6. Berlatih 'hara hachi bu', makan untuk kesehatan dan olahraga

Orang Okinawa percaya bahwa tubuh adalah kuil dan Anda tidak boleh mencemarinya. Karena itu, orang Okinawa sangat menjaga apa yang masuk ke dalam tubuh mereka.

Mereka makan lebih dari satu kilogram sayuran dan buah-buahan dan kacang-kacangan dalam sehari. Tidak hanya itu, mereka juga berlatih hara hachi bu dan hanya makan sampai 80% kenyang.


Wih, ternyata unik juga ya. Gimana menurut Mina san? Apakah tertarik untuk menerapkan nya?

Sekian Satori Pedia edisi kali ini. Terimakasih sudah membaca sampai habis dan semoga apa yang dibaca dapat menambah wawasan Minna san!

Sampai jumpa di lain waktu!


Source:

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20240219070646-33-515502/belajar-dari-orang-jepang-ini-6-rahasia-panjang-umur

Penyunting:

Ismet Azhari  & Jaswan Sakaria


Follow us onπŸ‘‡πŸ»

-Youtube : Hima Satori

-Instagram : Himasatorifkipunri

-Facebook : Hima Satori Fkipur

-TikTok       : Hima Satori

-Blogspot/website : himasatorifkipur.blogspot.com

-Email : himasatorifkipur@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar