Kamis, 06 Juli 2023

Satori Pedia: Tanaman Hias Bonsai (Pohon yang dikerdilkan)

 Konnichiwa, Minasan!


Bonsai merupakan salah satu budaya yang terkenal akan keindahannya. Dalam bahasa Jepang, kata bonsai dikenal dengan kata bon (盆) yang berarti sebagai pot dangkal dan sai dari kata (栽) yang berarti penanaman. Maka dari itu, bonsai (盆栽) memiliki makna secara tidak langsung adalah kegiatan menanam di pohon di pot dangkal. 

Bonsai memiliki nilai seni tinggi, merawatnya pun harus dilakukan secara teliti dan rinci. Seperti memotong tanaman, pemangkasan tanaman, dan pembentukan cabang serta dahan dengan melilitkan kawat membuat akar bisa menyebar di atas batu. Karena keindahannya, bonsai memiliki nilai jual tinggi bila dibuat seindah mungkin.



Awalnya, bonsai disebut sebagai bonkei, tetapi pada zaman Edo berubah menjadi bonsai. Jepang mengenal bonsai dari China pada masa dinasti Teng yang dijadikan miniatur pemandangan alam. Di makan putra dari Maharani Wu Zetian terdapat sebuah lukisan seorang pelayan wanita membawa sebuah pohon bunga dalam pot yang dangkal.

Bonsai memiliki berbagai variasi bentuk, seperti chokkan (tegak lurus), moyogi (tegak berkelok-kelok), shakan (miring), kengai (menggantung), bantan (batang bergelung), dan lainnya.

Terimakasih kepada teman-teman yang sudah membaca blog kami. Semoga blog ini dapat memberikan manfaat dan sampai juga di postingan berikutnya ya!

Sumber : https://jepang-indonesia.co.id/bonsai-jepang/, pexels.com, the bonsaits
Penyunting : Karolina dan Rahma Nadia.

Jangan lupa ikuti kami di👇
Facebook : Click Here
Youtube : Click Here
Instagram : Click Here
Website : Click Here
Email : Click Here



Tidak ada komentar:

Posting Komentar