Kamis, 22 Juni 2023

Satori Pedia : Kokeshi Doll

 Minnasan, Konnichiwa!



Boneka Kokeshi merupakan salah satu boneka Jepang yang terbuat dari ukiran kayu. Boneka ini berbentuk lonjong dan membundar di bagian kepala. Kononnya boneka ini sudah diproduksi semenjak 150 tahun yang lalu. Namun apa saja sejarah dan fakta mengenai Kokeshi? Mari kita simak di bawah ini.


Kokeshi adalah boneka yang terbuat dari bahan dasar kayu. Boneka ini pertama kali diproduksi di wilayah Tohoki, tepatnya di Shinchi Shuraku. Kokeshi doll dibuat pada masa kekaisaran Edo, yaitu sekitar tahun 1600-1868.

Saat musim dingin di kala itu, para perajin kayu yang biasanya membuat peralatan rumah tangga, beralih membuat boneka kokeshi untuk dijual kepada wisatawan yang mengunjungi tempat pemandian air panas sebagai oleh-oleh.


Kokeshi doll memiliki bentuk yang sangat sederhana. Boneka ini biasanya memiliki ukuran antara 5,7, dan 10 inci. Terbuat dari kayu yang biasanya hanya berbentuk badan dan kepala saja, tanpa lengan maupun kaki. 

Pada kokeshi tradisional, biasanya untuk melukis mata hanya menggunakan dua buah titik tebal. Selain itu, ada juga yang hanya menggunakan sebuah garis kecil.


Namun, dibalik bentuknya yang lucu, ternyata kokeshi memilki sejarah yang kelam. Ada pendapat lain mengenai asal mula pemberian nama 'kokeshi' pada boneka ini.  

Kokeshi juga dipercaya berasal dari kata 'ko' yang berarti 'anak', dan kata 'kesu' yang berarti 'hapus/menghapus'. Jika kedua kata ini digabung, maka kokeshi memiliki dua arti kata, yaitu 'hapus' dan 'anak'.

Juga terdapat cerita yang mengatakan bahwa ada tradisi menjadikan boneka kokeshi sebagai hadiah bagi wanita hamil yang telah kehilangan anaknya, baik itu karena keguguran maupun aborsi.

Terimakasih kepada teman-teman yang sudah membaca blog kami. Semoga blog ini dapat memberikan manfaat dan sampai juga di postingan berikutnya ya!

Sumber : https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/amp/ary-yulianto/7-fakta-kokeshi-doll-boneka-imut-asal-jepang-simak-yuk-c1c2?page=all#page-2, https://www.google.com/amp/s/yoursay.suara.com/amp/ulasan/2021/08/20/111351/lucu-dan-punya-sejarah-kelam-7-fakta-boneka-kokeshi-asli-negeri-sakura, auctions.ejsauction.com, collectibleslovers.blogspot.com, Collectors Weekly.
Penyunting : Karolina dan Raja Larelanang.

Jangan lupa ikuti kami di👇
Facebook : Click Here
Youtube : Click Here
Instagram : Click Here
Website : Click Here
Email : Click Here


Tidak ada komentar:

Posting Komentar